Hubungan Administrasi, Organisasi, dan Manajemen

Administrasi merupakan proses kerja sama antar dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan. Kemudian, agar kegiatan kerja sama tersebut berhasil dengan baik maka dibutuhkan sebuah kerangka atau wadah atau struktur. Wadah itulah yang dinamakan organisasi. Dalam proses untuk mewujudkan organisasi yang baik maka diperlukan manajemen; melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, penggerakkan, dan pengontrolan; dengan begitu, tujuan organisasi akan tercapai.

Dengan demikian sekelompok orang yang bekerja sama mencapai tujuan tertentu disebut administrasi, proses penggerakkan dalam administrasi disebut manajemen. Dan wadah dari kegiatan kerja sama tersebut adalah organisasi.

 

Organisasi sama dengan Manajemen?

Pendapat ini dikemukakan oleh PBB, bahwa keduanya merupakan sinonim, di mana penggunaan kata “Administrasi” banyak dipergunakan di bidang Administrasi Negara, sedangkan “Manajemen” banyak dipergunakan di bidang Administrasi Niaga (Swasta) dan Administrasi Niaga (Negara).

 

Organisasi berbeda dengan Manajemen?

Terutama di bidang Administrasi Negara, Administrasi Pemerintah yang dilakukan oleh Presiden dan Para Menteri sebagai penentu kebijaksanaan dalam rangka mencapai tujuan Negara. Sedangkan yang wajib melaksanakannya kebijaksanaan tersebut adalah Manajemen; Manajer bertanggung jawab untuk melaksanakannya ke arah tercapainya tujuan tersebut.

 

 

 

 

 

 

Source:

Catatan Kuliah Bintang Barat

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s